ShoutMix chat widget

Minggu, 28 Februari 2010

10 Add - On Terbaik Firefox

 

Setiap tahun, dunia IT selalu dipenuhi dengan perkembangan hardware maupun software yang tujuannya adalah memberikan lebih banyak kemudahan bagi para penggunanya. Dan, tahun ini pun tak terkecuali untuk Firefox. Di bawah ini, kami memberikan kompilasi 10 fitur tambahan untuk Firefox versi situs Lifehacker.


Fitur yang satu ini mungkin lebih cocok untuk para blogger mania. Kegunaan dasarnya adalah untuk mengkopi teks apapun pada segala macam situs hanya dengan memilihnya saja tanpa perlu menekan [Ctrl] + C. Untuk mem-paste-nya, Anda cukup menekan tombol tengah pada mouse (tidak perlu [Ctrl] + V. Dan bukan hanya untuk meng-copy-pastesaja, AutoCopy juga bisa memperbaiki URL yang sangat panjang dan rusak secara otomatis.




Memang aplikasi yang satu ini bersifat lebih teknikal dari hanya sekedar ekstensi untukbrowser, tapi jika dibandingkan dengan fungsi sebenarnya, Gears sangatlah mudah untuk diinstalasikan dan mampu membuka sebuah dunia baru pada internet. Yang utama, Gears membawa beberapa aplikasi Google secara offline - Gmail, Google Reader, Docs, Calendar, dan sepaket aplikasi lain yang bisa dikategorikan sebagai database mini, seperti Remember the Milk dan PassPack.


3. Personal Menu


Personal Menu bisa dikatakan sebagai generasi baru dariTiny Menu, memiliki dasar yang sama tetapi efek yang lebih hebat, yaitu memberikan isi situs yang Anda lihat dengan ruang yang lebih lega. Caranya adalah dengan menyingkirkan menu-bar sepanjang window pada bagian atas dan mengubahnya menjadi menu yang single drop-down. Dengan shortcut Alt, Anda bisa mengembalikannya menjadi menu bar biasa. Selain itu, terdapat juga tambahan tombol history dan bookmark secara otomatis pada toolbar sebagai dua menu yang paling aktif.


4. Better Gmail 2 


Better Gmail 2 menjawab atau memperbaiki banyak keluhan yang diberikan kepada Gmail. Anda bisa mengaktifkan dan mematikan fitur apapun dari Google sesuka Anda, dan setiap saat Gmail user script baru muncul dan masuk ke dalam Greasemonkey, Anda pasti akan langsung bisa melihatnya pada Better Gmail.


5. DownThemAll! (DTA) 


DTA memang bukan alat yang Anda butuhkan sering-sering, tapi lebih berperan sebagai download manager yang sangat kuat. Ia memotong segala proses untuk mengambil gambar pada sebuah halaman situs (termasuk linkdi sini. untuk versi lebih besar atau zoom), semua MP3 pada blog musik, atau segala macam filter lain yang bisa Anda atur sendiri. Coba lihat petunjuk pemakaiannya


6. Tab Mix Plus 


Aplikasi yang satu ini memberikan bumbu tambahan untuk mengatur tab-tab pada browser, misalnya memberi font italic pada tab yang belum Anda buka, memberikan fitur undo closed tab, dan masih banyak lainnya.


7. Automatic Save Folder (ASF) 


Secara teknikal, fitur ini sebenarnya merupakan sebuah uji coba dan belum disetujui oleh Mozilla secara resmi, tapi dengan berbagai reaksi positif yang diterima, akhirnya fitur ini terus dijalankan dan dikembangkan. ASF merupakan teman yang baik bagi fitur-fitur pengunduh seperti DownThemAll, yaitu dengan menempatkan file-file yang Anda unduk pada sebuah folder tertentu pada system berdasarkan dari ekstensi file atau situs sumbernya.




Sangat diperlukan oleh para pembenci iklan-iklan di internet yang mengganggu halaman situs kesayangan Anda. Tapi dengan Adblock Plus, Anda bisa sewaktu-waktu tetap mengaktifkan gambar iklan jika memang Anda memiliki ketertarikan khusus.




Greasemonkey diperuntukkan bagi para pengguna Firefox yang agak advance, yang gemar untuk menciptakan segala sesuatunya sendiri. Kemampuan menggunakan JavaScript sangat dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini. Anda bisa menemukan daftar beberapa skrip di sini atau mungkin untuk skrip yang lebih sederhana pada Userscripts.org.




Secara perlahan, Foxmarks mengubah namanya menjadi Xmarks, tapi tentu saja tidak ada perubahan dengan fungsinya yang disukai oleh para pengguna. Pada dasarnya, Xmarks mensinkronisasikan bookmark danpassword di antara beberapa browserdari platform yang berbeda pula, dan menyimpannya pada sebuah situs yang bisa Anda kunjungi dari browsermanapun yang tidak bisa Anda tambahkan aplikasi ekstensi. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan aplikasi ekstensi tersebut pada server Anda sendiri. Xmarks juga tersedia pada IE dan Safari.

Bagaimana dengan daftar di atas? Yang mana yang menarik untuk Anda?


Maaf ya para pembaca kalau penulis ada salah - salah kata atau ada yang kurang jelas. Selamat mencoba…………………..





By Create : Achmad Fauzie (TKJ 5)



0 komentar:

Posting Komentar