smadav antivirus indonesia

ShoutMix chat widget

Rabu, 24 Februari 2010

Perkembangan Teknologi Proweb

 

Teknologi hardware dan server Proweb semakin hari semakin maju. Berawal dari multiple client hosting, reseller, dan sampai pada VPS (Virtual Private Server) .

Multiple Client Hosting
Pada tahapan ini, tiap client Proweb menjadi satu client dari beberapa perusahaan webhosting. Kesulitan dari tahapan ini adalah lamanya proses penambahan space atau lebih dikenal dengan upgrade paket webhosting. Kesulitan lain adalah Proweb memakai berbagai macam control panel. Melihat kesulitan ini, team Proweb berusaha keras mencari jalan keluar hingga menemukan tahapan berikutnya.

Reseller Hosting
Teknologi webhosting Proweb kemudian diarahkan ke teknologi reseller hosting berbasis CPanel. Control Panel yang sebelumnya bukan CPanel pelan-pelan diimigrasikan ke CPanel. Pada tahap ini juga, Proweb bisa menentukan sendiri paket-paket yang diberikan kepada client-client Proweb. Kemudahan upgrade dan downgrade sudah dengan bisa dilakukan. Tetapi kemudian muncul masalah baru, kadang-kadang website menjadi lambat karena ternyata resellerpun memakai shared server. Jika client dari luar Proweb mengambil terlalu banyak resources maka client Proweb juga terpengaruh. Masalah lain juga timbul yaitu ada pembatasan-pembatasan yang diberikan pihak webhosting dan itu mengganggu operasional salah satu client kami. Team Proweb berusaha keras untuk mengatasi hal ini sampai akhirnya memutuskan memakai VPS.

VPS (Virtual Private Server)
Proweb bekerjasama dengan perusahaan penyedia VPS. Proweb menerima dedicated resources server seperti space, memory dan CPU yang telah ditentukan. Dengan demikian maka Proweb bisa memanage secara penuh client-clientnya. Untuk mencegah gagal akses, Proweb juga menyediakan DNS backup yang berada di luar negeri. Ini penting untuk memastikan pengunjung dapat selalu mengakses client-client Proweb.

Dedicated Server
Jika pemakaian space VPS telah mencapai 75%, server Proweb akan bermigrasi ke Dedicated Server.  

Server Proweb ditempatkan di dalam negeri untuk memastikan akses yang cepat dari seluruh Indonesia. Meskipun demikian, server ini juga cepat diakses dari berbagai penjuru dunia. Proweb terus memantau kecepatan akses dari berbagai belahan dunia ke server VPS Proweb ini.

Backup website client-client Proweb dilakukan secara harian, mingguan dan bulanan di server yang berbeda. Ini merupakan bagian dari layanan backup dan recovery.


Maaf ya para pembaca kalau penulis ada salah - salah kata atau ada yang kurang jelas....





By Create : Achmad Fauzie (TKJ 5)


0 komentar:

Posting Komentar