smadav antivirus indonesia

ShoutMix chat widget

Rabu, 24 Februari 2010

Server Indonesia

 

Proweb meletakkan client-clientnya di server Indonesia. Pilihan ini merupakan pilihan terbaik dibandingkan memakai server luar negeri. Jika diletakkan di luar negeri maka website akan akan diakses secara lambat dari seluruh Indonesia. Kerugian lainnya adalah client akan lambat dalam mengirimkan dan menerima email. Dan ada hal lain yaitu kita memboroskan devisa untuk membayar bandwidth internasional.

Karena server Proweb diletakkan di Indonesia, maka akses dilakukan dengan cepat. Akses pengunjung ke website client-client Proweb dapat dilakukan dengan cepat. Begitu juga client-client Proweb akan cepat untuk mengirim dan menerima email. Keuntungan lain adalah tidak membebani ISP untuk membayar bandwidth internasional.

Bagi pengambil keputusan dalam hal pengadaan website di setiap perusahaan harus memperhatikan hal ini. Keputusan yang salah dalam menentukan vendor hosting akan berakibat fatal bagi operational perusahaan anda. Pastikan anda memakai vendor hosting yang meletakkan servernya di Indonesia. Atau jika anda mempercayakan pengembangan web kepada Proweb, website anda akan diletakkan di dalam server Indonesia.

Pertimbangan lain adalah siapa yang memakai resources dalam server tersebut. Hal paling baik adalah jika yang pemilik server/VPS tersebut adalah juga yang mendevelop website-website di dalamnya. Hal ini penting karena webmaster tersebut menguasai betul pemakaian reseources di servernya. Jika pihak webhosting dan developer adalah pribadi yang berbeda-beda, akan ada kemungkinan overload yang susah ditrack. Apalagi jika satu webhosting membawahi banyak web developer, bisa terjadi saling menyalahkan mengenai pemakaian resources. Oleh karena itu sedapat mungkin anda memakai web developer sekaligus pemilik VPS atau pemilik server juga. Proweb saat ini memakai VPS sendiri, jadi Proweb tahu betul resources yang dipakainya. Ini menjamin akses yang cepat karena pemakaian resources yang efisien di dalam server.
 


Maaf ya para pembaca kalau penulis ada salah - salah kata atau ada yang kurang jelas......





By Create : Achmad Fauzie (TKJ 5)

0 komentar:

Posting Komentar